Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    PMR se-Kota Medan Meriahkan HUT ke-71 PMI di Sumut

    Pengurus PMI Kota Medan berfoto bersama Staf Markas dan Relawan pada perayaan HUT ke-71 PMI di Markas Provinsi PMI Sumut, Minggu (2/10/2016).

    MEDAN - Palang Merah Remaja (PMR) se-Kota Medan sukses meramaikan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-71 yang diprakarsai PMI Kota Medan bersama PMI Sumatera Utara (Sumut) di Markas Provinsi PMI Sumut, Minggu (2/10/2016).

    Ketua PMI Kota Medan Drs. H. Musa Rajek Shah, M.Hum melalui Ketua Panitia, Rosda, SE. menjelaskan, pihaknya melibatkan 80 PMR se-Kota Medan dari tingkat Madya dan Wira dalam rangkaian kegiatan yang digelar. Seperti Lomba Melukis Payung, Pentas Seni, Wisata Kemanusiaan, Pemeriksaan Golongan Darah bagi Pelajar, dan Bazar. "Sesuai dengan tema peringatan HUT PMI ke-71 ini, 'Pengabdian Sejak Dini untuk Generasi Berkemanusiaan di Masa Datang', panitia mengundang seluruh PMR-PMI Kota Medan untuk menampilkan kreativitasnya. Hal itu untuk memperkenalkan semangat tolong-menolong yang tulus, tanpa membedakan suku, agama, ras dan lainnya kepada generasi muda. Dengan demikian, generasi di masa mendatang meiliki pribadi berkemanusiaan," ucap Rosda, SE dalam laporannya.

    Tampak hadir Gubernur Sumatera Utara, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si, Ketua PMI Sumut, DR H Rahmat Shah, Walikota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si, tokoh masyarakat dr. Rosihan Arbie, Plt Kadis Kesehatan Sumut, Drs. Agustama, Apt, M.Kes, Pengurus PMI Kab/Kota se-Sumut dan organisasi pemuda. Dari PMI Kota Medan, Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Organisasi dan Sumber Daya, H. Meiji Morico, SH, M.Kn, Wakabid PSK & Transfusi Darah sekaligus Direktur Unit Transfusi Darah (UTD), dr. Harry Butarbutar, Sp.B, Wakabid Pengembangan Citra & Hub. Antar Lembaga, Drs. Arman Samara, SH, Wakabid Pengembangan PMR & Relawan, Esti Pibrianto, S.Pd, Sekretaris, John Ismadi Lubis, Wakil Direktur UTD, Giri S. Hanin Dito, dan staf ahli/khusus.

    Dalam sambutannya, Ketua PMI H Jusuf Kala yang dibacakan Ketua PMI Sumut DR H Rahmat Shah berharap, pembinaan generasi muda harus ditingkatkan demi membangun karakter berkemanusiaan di masa mendatang. "Syukur alhamdulillah, mulai pagi, saya lihat adik-adik PMR begitu antusias mengisi acara ini. Semua itu berkat kepedulian dan kebersamaan antara seluruh pengurus yang sudah terbina selama ini," tuturnya.

    PMI sendiri, lanjut Rahmat, tak lagi hanya menangani donor darah. Juga bencana dan masalah kemanusiaan lainnya termasuk di daerah konflik. Seperti mengevakuasi korban kerusuhan di LP Tanjung Gusta beberapa waktu lalu. PMI juga sudah menyuplai air bersih untuk korban erupsi Sinabung hampir 20 juta liter. Untuk pemenuhan kebutuhan darah sendiri, di Medan sudah memiliki 30 Bank Darah Rumah Sakit (BDRS). UTD PMI Kota Medan juga sudah mampu mengumpulkan 1.000 kantong darah. Bahkan, pada September mampu mendistribusikan 5.000 kantong darah dengan kualitas terbaik. Prestasi yang layak diapresiasi. Pihaknya juga sudah menjalin MoU dengan beberapa instansi pemerintahan, swasta dan komunitas dalam pelaksanaan donor darah.

    Untuk semua itu Gubsu Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si, meminta PMI Sumut khususnya PMI Kota Medan mempertahankan prestasi sembari menumbuhkembangkan kegiatan kemanusiaan yang sangat dibutuhkah oleh Pemerintah Sumut. "Donor darah sangat penting bagi tubuh kita. PMI Medan dan Sumut telah membuat prestasi, salahsatunya banyaknya stok kantong darah. Selamat atas prestasi yang diraih. Di usianya ke-71 saya harapkan PMI terus meningkatkan pelayanannya, selalu solid menjalankan tugas-tugas kemanusiaan," tegasnya. (red)

    Tags: