Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    PMI Padang Puji Pelayanan Ambulance dan UTD PMI Medan

    MEDAN - Pelayanan Unit Ambulance 118 dan Unit Transfusi Darah (UTD) milik Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan mendapat acungan jempol dari pengurus PMI Kota Padang.

    Hal itu disampaikan Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Organisasi dan Sumberdaya, Zaiful Zakaria, SH didampingi Bendahara, Ir. H. Masri Saun, MM saat kunjungan kerja sukarelawan ke Markas Provinsi PMI Sumatera Utara (Sumut) di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 37, Kelurahan Gaharu, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Rabu (6/12/2017).

    Dalam kunjungan tersebut, pihaknya membawa serta dua staf markas dan 54 relawan PMI Kota Padang. Selain Markas Provinsi PMI Sumut, mereka juga berencana mengunjungi Markas Kota PMI Medan. "Kami mendapat informasi bila pelayanan Ambulance PMI Kota Medan sudah sangat baik. Begitu juga UTD yang kabarnya menjadi penyuplai utama kebutuhan darah rumah sakit-rumah sakit di Kota Medan. Jadi sembari menjalin silaturahmi, kita ingin belajar manajemennya untuk diterapkan di PMI Kota Padang," ucap Zaiful Zakaria.

    Rombongan PMI Kota Padang ini disambut Ketua PMI Sumut, DR. H. Rahmat Shah diwakili Anggota Pengurus PMI Sumut, H Sudarmaji, Wakabid Dana dan Pengembangan Prasarana, Ustiono. Dalam sambutannya, DR. H. Rahmat Shah berharap kunjungan studi tersebut memberi kesan baik sehingga terjalin kerjasama dalam pelayanan kemanusiaan. "Kami sangat berterimakasih atas kunjungan ini sehingga kita dapat saling berbagi informasi demi terwujudnya pelayanan kemanusiaan sesuai visi dan misi PMI," tuturnya.

    Hal senada disampaikan Ketua PMI Kota Medan, H. Musa Rajekshah, M.Hum yang diwakili Wakabid Penanggulangan Bencana, Drs. M. Rifai, M.Pd, Wakabid Organisasi dan Sumberdaya, H. Meiji Morico, SH, M.Kn, Wakabid Pengembangan Citra & Hubungan Antarlembaga, Drs. Arman Samara, SH, Wakil Sekretaris, Rosda, SE. Turut hadir Anggota Pengurus, Hanin Dito, Kepala Markas, Zulhamsyah, Kepala UTD, dr. Harry Butarbutar, Sp.B diwakili dr Maulana Bayhaki serta sejumlah relawan PMI Kota Medan. Setelah saling bertukar cenderamata, rombongan PMI Kota Padang disajikan video sejarah perkembangan PMI Kota Medan dari Anggota Pengurus, Hanin Dito.

    Bagaimana keberadaan Markas Kota PMI Medan kini sudah sangat baik. Demikian halnya unit pelayanan yang dimiliki. Sebanyak 12 armada Ambulance siap melayani masyarakat Kota Medan secara cuma-cuma. Manajemen profesional yang diterapkan membuat UTD PMI Kota Medan mampu memenuhi kebutuhan darah di Kota Medan. Di bidang penanggulangan bencana, PMI Kota Medan juga memiliki relawan, Satgana dan Tim 9 yang siap terjun ke lokasi bencana untuk memberi bantuan maupun proses evakuasi.

    Selanjutnya, rombongan melakukan studi banding di unit logistik PMI Sumut, Pelayanan Ambulance 118 dan UTD PMI Kota Medan. Di Unit Pelayanan Ambulance 118, rombongan dipandu oleh Komandan Irsan Daeng dan Oktaria. Untuk bidang UTD dipandu Wakil Kepala UTD PMI Kota Medan, dr Maulana Bayhaki. Relawan PMI Kota Padang pun tak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan aktif bertanya mengenai manajemen yang diterapkan. Rombongan PMI Kota Padang pun mengakhiri kunjungan tersebut dengan berfoto bersama pengurus PMI Sumut dan PMI Kota Medan di pintu masuk Markas Provinsi PMI Sumut. (red)

    Tags: