Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    PMI Medan Gelar Pelatihan Teknisi UTD

    Kepala UTD PMI Pusat, dr Ria Safitri, M. Biomed berfoto bersama Ketua PMI Kota Medan, Drs. H. Musa Rajekshah, M. Hum dan peserta Pelatihan Serologi Golongan Darah dan Screening Antibody di Balai Pendidikan & Pelatihan PMI Kota Medan, Selasa (4/7/2017).

    MEDAN - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan direkomendasikan menjadi tuan rumah pelatihan Unit Transfusi Darah (UTD) untuk Sumatera.
     
    Hal itu disampaikan Kepala UTD PMI Pusat, dr. Ria Safitri, M. Biomed pada pembukaan Pelatihan Serologi Golongan Darah dan Screening Antibody untuk teknisi UTD PMI di Gedung Diklat PMI Kota Medan (eks Gedung UTD PMI Medan) Jalan H.M. Said No.126 bcd, Medan, Selasa (4/7/2017).
    Menurut dr. Ria, di bawah kepemimpinan Drs. H. Musa Rajekshah, M.Hum, PMI Kota Medan telah menunjukkan keseriusan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dimana terlihat dari pembenahan gedung UTD dan penerapan manajemen yang profesional. "Saat ini saya cukup bangga dengan PMI Kota Medan. Dulunya gedung ini cukup suram, namun sekarang sudah demikian rapi. Ibarat 'bangun dari mimpi'," puji dr. Ria.
     
    Dengan keseriusan tersebut, UTD PMI Pusat, lanjutnya siap mesupport PMI Kota Medan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan pelatihan UTD se-Sumatera. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan darah di seluruh Sumatera dapat diwujudkan. Untuk itu, pihaknya akan mengirimkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk melaksankan pelatihan. Baik spesifikasi peralatan hingga tipe laboratorium yang dibutuhkan.
    Tak lupa, dr. Ria juga berpesan kepada seluruh peserta untuk betul-betul memahami setiap materi yang diberikan selama pelatihan. "Karena untuk dapat bekerja di UTD/Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) seorang analis juga harus menjalani pelatihan sebagai dasar evaluasi untuk meningkatkan kompetensinya," imbaunya.
     
    Ketua PMI Kota Medan, Drs. H. Musa Rajekshah, M.Hum menuturkan, kegiatan ini merupakan Pelatihan Serelogi pertama yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di bidang pelayanan darah.
     
    "Ke depan kita akan melaksanakan kegiatan serupa untuk meningkatkan kemampuan peserta khususnya para staf UTD PMI di Sumut. Tak hanya punya ilmu, teruji juga tersertifikasi," harapnya seraya membuka secara resmi kegiatan.
    Dalam laporannya, koordinator kegiatan, dr Maulana Baihaqi mengatakan, Pelatihan Serologi Golongan Darah untuk teknisi UTD PMI tersebut akan berlangsung selama 10 hari. Selain Kepala UTD PMI Pusat, pihaknya juga mendatangkan Kabid Rekrutmen UTD Pusat, dr Putri Srihartini, M. Biomed dan Staf Diklat UTDP, Herman Sutrisna sebagai pemateri. "Untuk kegiatan ini kuota kita 20 peserta yang berasal dari Medan, Deliserdang, Labuhanbatu dan Langkat," tuturnya.
     
    Turut hadir, Kepala Dinas Pemuda Olaraga dan Pariwisata Deliserdang, H. Faisal Nasution, Kepala UTD PMI Kota Medan dr Harry Butarbutar, Sp.B, Wakabid Organisasi dan Sumber daya, H. Meiji Morico, SH, M.Kn, Wakabid Penanggulangan Bencana, Drs. M. Rifai, M.Pd, Wakabid Pengembangan Citra & Hubungan Antarlembaga, Drs Arman Samara, SH, Sekretaris, John Ismadi Lubis, Wakil Sekretaris, Rosda SE, Koordinator Satgana, Wan Agoes Baros, Staf Khusus, Edwin Nasution. (red)
    Tags: