Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    Pertemuan Pembina PMR-PMI Kota Medan | Tumbuhkan Kepedulian Sosial Dalam Diri Siswa

    Peserta kegiatan berfoto bersama Pengurus PMI Kota Medan, PMI Sumut dan Disdik Kota Medan, Jumat (9/3/2018).

    MEDAN - Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengapresiasi Pertemuan Pembina Palang Merah Remaja (PMR) yang dilaksanakan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan di Markas Provinsi PMI Sumatera Utara (Sumut), 9-10 Maret 2018.

    Dalam sambutannya, Kepala Seksi Kurikulum Kesiswaan SMP Dinas Pendidikan Kota Medan, Drs. Supri Harahap mengatakan, Pemko Medan telah menjalin MoU dengan pengurus PMI Kota Medan demi sinergisitas Kegiatan-kegiatan PMI di sekolah-sekolah dalam bentuk ekstrakulikuler. Hal itu dalam rangka pembentukan karakter sekolah yang menjadi program dari Disdik Kota Medan. "Jadi perkuatlah karakter PMR di sekolah-sekolah yang sudah ada unitnya. Dengan membangun sinergitas dengan PMI untuk melaksanakan pelatihan demi memperkuat karakter tadi," ucap Supri saat pembukaan kegiatan, Jumat (9/3/2018).

    Pada kesempatan itu, Ketua PMI Kota Medan, H. Musa Rajekshah, M.Hum yang sedang cuti, sesuai statuta PMI diwakili Sekretaris sekaligus Pelaksana Tugas PMI Kota Medan, John Ismadi Lubis membuka kegiatan secara resmi. Kegiatan ini, jelasnya merupakan program PMI Kota Medan di bidang pembinaan PMR dan relawan. Dirinya berharap, kegiatan tersebut tidak berjalan satu arah.

    "Bapak ibu pembina juga pastinya punya pengalaman yang bisa saling mendukung sehingga kita dapat menemukan tata kelola PMR Medan ini menjadi lebih bagus. Bagaimana kita mendidik anak-anak kita, meningkatkan kepedulian mereka terhadap sosial, kondisi lingkungan baik di sekolah maupun Kota Medan," pesan John Lubis.

    Dalam laporannya, Ketua Panitia yang juga Kepala Markas Kota PMI Medan, Zulhamsyah menyebut, kegiatan diikuti 40 Unit PMR se-Kota Medan(diwakili Pembina PMR). Adapun materi kegiatan diantaranya, Prinsip Gerakan Dasar Palang Merah/Bulan Sabit Merah Internasional, Lambang Palang Merah dan HPI, Pembentukan Struktur PMR, Siklus Pembinaan dan Perekrutan PMR, Pelatihan (7 Mater PMI), Tri Bhakti PMR, Motivasi & Pengembangan Kapasitas, PMER dan RKTL yang dibawakan instruktur dari kalangan internal PMI.

    Pembukaan kegiatan ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Dinas Pendidikan Kota Medan, PMI Kota Medan dan PMI Sumut. Turut hadir, Wakabid Pelayanan Sosial, Kesehatan dan Transfusi Darah PMI Kota Medan, dr. Harry Butarbutar, Sp.B, Koordinator Satgana, H. Wan Agus Baros, Wakabid PMR dan Relawan PMI Sumut, DR. M. Fitri Rahmadana, SE, MSi dan Sekretaris PMI Sumut, Edi Siswanto. (red)

    Tags: