Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    Peringatan Hari Relawan | PMI Kota Medan Gelar Ekspedisi Kemanusiaan

    Ketua PMI Kota Medan, Drs. H. Musa Rajek Shah, M.Hum berfoto bersama jajaran pengurus pada pelepasan Tim Ekspedisi Kemanusiaan di Markas Kota PMI Medan, Selasa (20/12).

    MEDANKetua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, Drs. H. Musa Rajek Shah, M.Hum melepas Tim Ekspedisi Kemanusiaan ke Desa Liang Pematang, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang. Tim yang terdiri dari 25 relawan dari Korps Sukarela (KSR) Unit Markas, Institut Teknologi Medan (ITM), Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) ini akan menyerahkan bantuan yang diterima PMI Kota Medan dari berbagai pihak kepada Sekolah Dasar (SD) Negeri 107434.
     
    Adapun bantuan tersebut berupa 17 set perlengkapan sekolah; seragam, sepatu dan perlengkapan tulis sesuai jumlah siswa di SD tersebut serta seragam batik PMI dan tas untuk para guru. Selama berada di sana, 21-22 Desember 2016, tim juga menggelar bhakti sosial; membangun podium dan plang sekolah serta perbaikan pada monumen juang. Puncak kegiatan akan dilaksanakan 22 Desember, bertepatan dengan pembagian rapor yang dimeriahkan dengan aneka lomba untuk anak dan para ibu. 
     
    Dalam arahannya, Ketua PMI Kota Medan Drs. H. Musa Rajek Shah, M.Hum yang akrab disapa Ijeck mengatakan, pendidikan sangat penting untuk menentukan kelangsungan pembangunan satu daerah. Untuk itu, seluruh tim diharap dapat melaksanakan semua agenda yang telah disiapkan, sehingga membawa perbaikan bagi kelangsungan pendidikan di Desa Liang Pematang tersebut.
     
    "Harapan saya, kegiatan ini tidak hanya dalam rangka memperingati Hari Relawan, kalau bisa, kita mendata sekolah-sekolah yang ada di Kota Medan dan sekitarnya yang belum memiliki bangunan layak dan murid yang masih belum mampu membeli seragam. Anggaplah ini amal jariah kita, sumbangsih kita sebagai anak bangsa, agar ke depan adik-adik kita ini berpendidikan yang layak," imbau Ijeck saat melepas Tim Ekspedisi Kemanusiaan di Markas Kota PMI Medan Jalan Palang Merah, Medan, Selasa (20/12).
     
    Turut hadir, Sekretaris PMI Kota Medan, John Lubis, Wakabid Organisasi dan Sumber Daya, H. Meiji Morico, SH, M.Kn, Wakabid Penanggulangan Bencana Drs. M. Rifai, M.Pd, Wakabid Pengembangan Citra & Hubungan Antar Lembaga, Drs. Arman Samara, Koordinator Satgana, H. Wan Agoes Baros, Wakil Direktur UTD Giri S. Hanin Dito dan Kepala Markas, Zulhamsyah.
     
    Pada kesempatan itu, Ijeck berpesan agar tim ikut mensosialisasikan bahaya dari penggunaan narkoba kepada seluruh siswa, guru dan para orangtua. Dengan demikian, para siswa dapat mengantisipasi peredaran narkoba yang sudah masuk ke pelosok daerah.
     
    Sebelumnya, Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Palang Merah Remaja (PMR) dan Relawan PMI Kota Medan, Esti Pibrianto, S.Pd menerangkan, Ekspedisi Kemanusiaan ini sebagai perwujudan tujuh prinsip dasar PMI. Desa Liang Pematang dipilih mengingat desa berpenghuni 140 jiwa dan 51 Kepala Keluarga itu memiliki akses yang minim. Khususnya di bidang pendidikan.
     
    "Seperti SDN 107434 yang belum memiliki sarana dan prasarana pendidikan memadai bagi ke-17 siswanya. Bahkan para siswa belum memiliki seragam sekolah," tutur Esti Pibrianto sembari berterimakasih kepada KISS FM, Ketua PMI Kota Medan, Toko Buku Anugrah serta seluruh relawan atas bantuan yang akan disalurkan kepada para siswa di SDN 107434 tersebut. (red)
    Tags: