Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    KSR Unit Markas Terbaik Pelatihan Sibat 2016 PMI Kota Medan

    Peserta Pelatihan Sibat 2016 berfoto bersama jajaran pengurus PMI Kota Medan.

    MEDAN - Lucy Priyadi Ginting yang tergabung dalam Korp Sukarela (KSR) Unit Markas Medan keluar sebagai peserta terbaik Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) 2016 yang dilaksanakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan di Lantai III Gedung UTD PMI Kota Medan, 27-30 Desember 2016. Lucky lulus dengan nilai total 77,07. Diikuti Merisa Amelia Sari, anggota KSR Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) dengan nilai 76,27. Peserta terbaik ketiga diraih Sonny Putra dari relawan Kecamatan Medan Polonia yang lulus dengan total nilai 76,00.
     
    Dalam laporannya, Ketua Panitia Leo Marthin Hutabarat menyebut, Pelatihan Sibat 2016 PMI Kota Medan diikuti 92 persen dari total relawan. Dari jumlah itu, 27 orang dinyatakan lulus dan tiga peserta dinyatakan gagal. “Penilaian peserta dilakukan dengan standar pelatihan nasional dengan rumusan KAP (Knowledge, Attitude, Practice). Ketiga rumusan ini memiliki keterkaitan sehingga penilaian tak hanya dilihat dari satu aspek,” jelasnya.
     
    Ketua PMI Kota Medan, Drs. H. Musa Rajek Shah, M.Hum mengapresiasi pantia dan pelaksanaan Pelatihan Sibat 2016. Diharapkan, kegiatan ini membawa warna baru bagi keberadaan relawan PMI Kota Medan. Terlebih dalam menanggapi persoalan-persoalan kemanusiaan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. 
     
    “Karena PMI tidak lagi hanya soal donor darah, tetapi permasalahan kemanusiaan. Seperti bila terjadi bencana, para peserta sudah dilatih apa yang dilakukan, siapa yang dihubungi, bagaimana cara mengoordinasikan, bagaimana asessment, dan tetap berkoordinasi ke markas, kita akan datang,” tutur Musa Rajek Shah yang diwakili Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Penanggulangan Bencana, Drs. M. Rifai, M.Pd didampingi Wakabid. Relawan dan PMR, Esti Pibrianto, S.Pd dan Wakabid. Organisasi dan SDM, H. Meiji Morico, SH, M.Kn sekaligus menutup kegiatan secara resmi, Jumat (30/12/2016).
     
     
    Menanggapi aspirasi para peserta, PMI Kota Medan akan terus melaksanakan pelatihan serupa demi meningkatkan kapasitas para relawan. Untuk itu, seluruh relawan diharapkan terus membangun komunikasi yang baik sehingga dapat ditindaklanjuti demi mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
     
    Penutupan kegiatan ditandai dengan pelepasan badge peserta oleh Wakabid Penanggulangan Bencana, Drs. M. Rifai, M.Pd didampingi Wakabid. Relawan dan PMR, Esti Pibrianto, S.Pd dan Kepala Markas PMI Kota Medan, Zulhamsyah. Diakhiri dengan foto bersama peserta Pelatihan Sibat 2016 dan jajaran pengurus PMI Kota Medan. (red)
    Tags: