Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    Kompol. Wira Prayatnya, SH., S.I.K. | Tingkatkan Pelayanan dengan Donor Darah

    Kapolsek Sunggal, Polrestabes Medan, Kompol. Wira Prayatnya, SH., S.I.K. aktif menyosialisasikan donor darah di jajaran Polsek Sunggal.

    MEDAN - Kegiatan donor darah sangat bermanfaat dalam menunjang kinerja petugas kepolisian di tengah-tengah masyarakat. Di samping itu, mendonorkan darah merupakan kegiatan yang mulia karena dapat menyelamatkan nyawa orang lain.

    Hal itu disampaikan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sunggal, Polrestabes Medan, Kompol. Wira Prayatnya, SH., S.I.K., saat menerima audiensi Pengurus PMI Kota Medan, diantaranya, Direktur Unit Transfusi Darah (UTD) sekaligus Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Pelayanan Sosial Kesehatan dan Transfusi Darah, dr. Harry Butarbutar, Sp.B dan Anggota Pengurus, Hanin Dito di ruang kerjanya, Senin (21/5/2018).

    Ya, donor darah bukanlah hal baru bagi jebolan Akademi Polisi (Akpol) tahun 2005 ini. Sejak ditugaskan ke Sumatera Utara, 2013, ia sudah aktif melakukan donor darah. "Dalam satu tahun itu, minimal dua kali saya melakukan donor darah," ucap Wira Prayatna.

    Hasilnya, alumni Fakultas Hukum Universitas Palembang tersebut merasakan tubuh yang lebih ringan saat melaksanakan tugas-tugasnya di tengah-tengah masyarakat. Karenanya, saat dipercaya menjadi Kapolsek Delitua, Polrestabes Medan, 2016 lalu, ia mengajak seluruh jajarannya untuk donor darah. Begitu juga ketika jebolan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) 2013 ini menjabat sebagai Kapolsek Sunggal, Polrestabes Medan sejak Oktober 2017. Satu bulan berselang, tepatnya 11 November 2017, jajarannya menggandeng Palang Merah Indonesia Kota Medan untuk melaksanakan donor darah di Markas Komando (Mako) Polsek Sunggal.

     

     

    Seperti kita ketahui, lanjut mantan Wakasat Resnarkoba Polresta Medan tersebut, aktivitas petugas kepolisian sangat padat karena dituntut untuk mengikuti perkembangan kegiatan masyarakat. Hari Minggu melakukan pengamanan gereja, razia yang dilakukan hampir setiap malam demi menjaga kondusifitas bulan Ramadan hingga Idul Fitri. "Seluruh anggota di Polsek Sunggal yang berjumlah 124 orang merasakan lebih ringan, lebih nyaman, lebih fresh, setelah dua hari melakukan donor darah. Dengan kondisi kesehatan yang baik itu, diharapkan anggota dapat melaksanakan tugasnya di tengah-tengah masyarakat dengan baik," tutur suami dari dr. Sarah Fanya Ulfa ini.

     

    Sehubungan dengan itu, penerima penghargaan dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Tito Karnavian ini menyampaikan keinginan menggandeng PMI Kota Medan untuk menggelar pelatihan khususnya Pertolongan Pertama kepada petugas di Polsek Sunggal. Dengan harapan, pihaknya dapat melakukan upaya penyelamatan terhadap masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas maupun bencana. Selain bermanfaat untuk kesehatan petugas kepolisian, ayah dari tiga anak ini mengamini jika donor darah sebagai kegiatan yang sangat mulia. Sebab, dengan darah yang disumbangkan secara sukarela itu dapat menyelamatkan nyawa orang lain.

    "Karena, saat blusukan ke tengah-tengah masyarakat, kadang ke rumah sakit, Puskesmas, banyak kita menemukan masyarakat yang sakit dan membutuhkan darah. Dari situ, saya beserta anggota bermusyawarah dan sepakat untuk melaksanakan donor darah. Sebagai panggilan hati kita Korps Kepolisian menolong masyarakat yang membutuhkan," tegas Wira Prayatna. (red)

    Tags: