Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    HUT ke-72 Persit KCK | Kodam I/BB Gelar Baksos Donor Darah

    Kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-72 Persit KCK di Rumkit Tingkat II Putri Hijau, Jln Putri Hijau, Medan, Kamis (1/3/2018).

    MEDAN - Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Kodam I/BB) menggelar bakti sosial (baksos) donor darah di Rumah Sakit (Rumkit) Tingkat II Putri Hijau, Jln Putri Hijau Medan, Kamis (1/3).
    Panglima Komando Angkatan Darat (Pangdam) I/BB, Mayjen TNI Cucu Sumantri SSos menjelaskan, baksos donor darah tersebut digelar dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 persatuan istri prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK). "Jadi donor darah, rangkaian dari kegiatan HUT Persit. Secara serentak dilaksanakan di Indonesia," ucap Cucu Sumantri.
      
    Untuk wilayah Kodam I/BB, lanjutnya, donor darah dilaksanakan serentak yang diikuti 4.650 orang. Baik itu anggota militer aktif, Persit, PNS maupun masyarakat di jajaran Kodam I/BB. Selain itu ada juga ceramah antinarkoba, pengobatan massal dan pemeriksaan serviks.
     
    Pada kesempatan itu, Cucu Sumantri juga ikut melaksanakan donor darah. "Paling tidak saya sebagai Pangdam memberikan contoh kepada prajurit. Kalau Pangdamnya saja donor, masak mereka tidak. Apalagi donor darah ini untuk membantu orang lain, sangat mulia. Itu saja ya," tegasnya.
    Benar saja, sejak pukul 07:00 WIB, ribuan orang dari prajurit TNI dan Persit tumpah di halaman Rumkit Putri Hijau. Setelah mengisi formulir, mereka terlebih dahulu melaksanakan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan staf Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Medan. Bila memenuhi syarat kesehatan, pendonor kemudian diarahkan ke tahap transfusi darah. Setelah itu, pendonor diberikan godybag yang berisi suplemen pengganti dari PMI. (red)
    Tags: