Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    Hari Sukarelawan PMI 2017 | PMI Medan Kirim Tim Ekspedisi Kemanusiaan ke Aceh

    MEDAN - Salah satu dari tiga pilar penting dalam organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) adalah keberadaan sukarelawan. Sebagai ujung tombak dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan secara sigap, tanggap, cepat, terkoordinasi untuk melayani masyarakat tanpa keberpihakan.

    "Asal masyarakat memang sulit dan butuh bantuan harus dibantu. Bukan menyangkut kedudukan, agama, ras. Tetapi murni kepedulian terhadap kemanusiaan," ucap Ketua PMI Wilayah Sumut, DR H Rahmat Shah didampingi Sekretaris, Drs Edi Siswanto pada peringatan Hari Sukarelawan PMI 2017 yang dilaksanakan PMI Kota Medan di Unit Transfusi Darah (UTD)-PMI Kota Medan, Minggu (24/12/2017).

    Untuk itu, pihaknya mengapresiasi atas disahkannya Undang Undang Kepalangmerahan oleh DPR RI. Dengan Undang Undang tersebut, lanjutnya, dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan, sukarelawan PMI punya perlindungan hukum. Termasuk untuk pengembangan potensi dan kapasitas yang dimiliki. Apalagi, saat ini PMI tidak lagi hanya berbicara donor darah. Juga setiap permasalahan kemanusiaan dan bencana alam. "Jadi PMI juga berperan membentuk generasi muda bermoral dan beretika melalui PMR untuk tingkat SD, SMP, SMA dan KSR (Korps Sukarelawan) untuk perguruan tinggi," tegasnya.

    Pada kesempatan itu, Rahmat Shah juga melepas Tim Ekspedisi Kemanusiaan PMI Kota Medan yang akan melaksanakan bakti sosial di Desa Sukajadi Makmur, Langsa. Tim ekspedisi kemanusiaan itu sendiri terdiri dari relawan PMI Kota Medan yang tampil sebagai Kontingen Favorit pada Temu Karya Sukarelawan (TKR) 2017 yang dilaksanakan di Pantai Indah Kalangan, Sibolga, Tapteng belum lama ini.

    Sebelumnya, Ketua PMI Kota Medan, H Musa Rajekshah menjelaskan, peringatan Hari Sukarelawan merupakan ajang menjalin silaturahmi antar sukarelawan dan pengurus demi penyatuan visi dan misi sebagai relawan PMI. Untuk itu, dirinya berpesan kepada tim ekspedisi kemanusiaan untuk menjaga sopan santun dan etika. "Karena ini membawa nama Palang Merah dan Sumatera Utara. Pertemuan dengan relawan di daerah juga kiranya dapat membangun hubungan yang baik untuk tujuan kemanusiaan itu sendiri," tutur pria yang akrab disapa Ijeck didampingi Wakabid Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya, Meiji Moriko, Wakabid Penanggulangan Bencana, M Rifai, Wakabid Pengembangan Relawan dan PMR, Esti Pebrianto, Wakabid Pengembangan Citra & Hubungan Antarlembaga, Arman Samara dan Kepala Markas, Zulhamsyah.

    Peringatan Hari Sukarelawan PMI 2017 diawali dengan gerak jalan santai dari Markas Kota PMI Medan, Jalan Palang Merah, Kel AUR, Kec Medan Polonia menuju UTD PMI Medan/Markas Provinsi PMI Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan. Dimeriahkan pengundian lucky draw dengan hadiah menarik serta penampilan kreasi dari Unit Palang Merah Remaja (PMR) PMI Kota Medan. Selain pengurus, turut hadir perwakilan BPBD Sumut, pengurus PMI Kecamatan se Kota Medan dan PMR-PMI Padangsidempuan. (red)