Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    GPH, PHRI Sumut & PMI Medan Kota Gelar Donor Darah

    Pengurus PMI Kecamatan Medan Kota berfoto bersama pimpinan GPH Medan dan unsur pemerintahan setempat di sela-sela kegiatan donor darah, Senin (7/8/2017).

    MEDAN - Garuda Plaza Hotel (GPH) Medan dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Medan Kota menggelar donor darah di Parkit Meeting Room GPH, Senin (7/8/2017).

    HRD Manager GPH, Irna Tanjung menyebut, kegiatan bakti sosial donor darah tersebut merupakan kali ketiga yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian GPH kepada kebutuhan darah masyarakat Kota Medan dan sekitarnya. "Kita (GPH) juga menjadikan kegiatan donor darah ini sebagai agenda rutin. Karena dengan donor darah, kita dapat menyelamatkan nyawa orang lain," jelas Irna Tanjung.

    Untuk kegiatan ini, lanjutnya, GPH menggandeng Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Medan yang dianggap cukup baik, dalam pelayanan juga manajemennya. "Untuk kegiatan ini, kita hanya menyediakan ruangan. Selebihnya memang disiapkan UTD PMI Kota Medan," tuturnya.

    Pantauan di lokasi, para pendonor terlebih dahulu melakukan pendaftaran di meja registrasi. Dari situ, dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh staf UTD PMI Kota Medan. Pendonor yang memenuhi persyaratan selanjutnya diarahkan untuk melaksanakan transfusi darah di tempat yang disiapkan. Para pendonor akan mendapat suplemen pengganti dari UTD PMI Kota Medan. Pada kegiatan itu, sebanyak 39 kantong darah berhasil dikumpulkan dari 63 orang yang mendaftar. Sebanyak 24 pendaftar tak dapat melaksanakan donor darah dikarenakan beberapa faktor.

     

    Sementara itu, Ketua PMI Kecamatan Medan Kota, Yoka berterimakasih atas kerjasama baik dari GPH Medan untuk menggelar kegiatan donor darah tersebut. Untuk itu, ke depan, pihaknya akan menggandeng lebih banyak instansi maupun elemen masyarakat di Kecamatan Medan Kota agar mendonorkan darahnya. "Dalam waktu dekat, kita akan mengandeng beberapa komunitas motor untuk melaksanakan donor darah di Lapangan Merdeka. Karenanya kami akan berkoordinasi dengan UTD PMI Kota Medan untuk kelancaran kegiatan tersebut. Karena rencananya dilaksanakan malam hari," ucap Yoka.

    Ketua PMI Kota Medan, H. Musa Rajekshah, M.Hum diwakili Wakabid Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya, H. Meiji Morico, SH, M.Kn mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan GPH Medan. Dimana kegiatan tersebut sangat membantu PMI Kota Medan dalam memenuhi kebutuhan akan darah yang masih cukup besar. Pihaknya juga menyambut baik rencana pengurus PMI Kecamatan Medan Kota terkait donor darah di Lapangan Merdeka bersama komunitas motor. "Kita dan panitia akan berkomunikasi untuk persiapannya. Sehingga kegiatan nantinya berjalan dengan baik sesuai misi donor darah itu sendiri. Yaitu pemahaman akan manfaat donor darah yang benar- benar tersosialisasi di tengah-tengah masyarakat," harapnya. (red)

    Tags: