Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    Gandeng UTD PMI Kota Medan | SSCT & HHG Kumpulkan 100 Kantong Darah

    Salah seorang pendonor sedang menjalani transfusi darah di UTD PMI Kota Medan, Minggu (8/1/2017)

    MEDAN - Kegiatan donor darah yang digelar Share Stories Charity Team (SSCT) dan Helping Hands Group (HHG) di di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Minggu (8/1/2017) disambut antusias para pendonor.

    "Donor darah merupakan kegiatan rutin yang kita gelar setiap tiga bulan sekali. Adapun maksud dari kegiatan ini ingin mengajak anggota masyarakat lain untuk berbuat kebaikan dengan mendonorkan darahnya," jelas Jeanny Puansari dari SSCT di sela-sela kegiatan donor.

    Menurut Jeanny, donor darah juga sangat bermanfaat bagi pendonor. Karena untuk mendonorkan darah, pendonor terlebih dahulu menjalani pemeriksaan oleh tim, dalam hal ini dari UTD PMI Kota Medan. Hanya pendonor yang memenuhi persyaratanlah dapat melakukan donor darah. Terlebih dengan perlengkapan di UTD PMI Kota Medan yang semakin modern, pendonor juga dapat mengetahui kondisi kesehatannya. "Kalau uang bisa diganti, tapi darah tidak. Karena itu mendonorkan darah merupakan bantuan yang tak ternilai," bebernya.

    Kegiatan donor darah yang juga dikoordinator oleh Omar Goei dari Helping Hand Group (HHG) tersebut mendaftarkan 116 pendonor. Selain dari anggota komunitas, SSCT dan HHG juga melibatkan masyarakat umum. Dari jumlah itu, berhasil dikumpulkan 100 kantong darah. Selain mendapat suplement, pendonor juga disuguhi berbagai hidangan ringan yang disiapkan panitia dalam hal ini SSCT dan HHG.

    Terpisah, Ketua PMI Kota Medan, Drs. H. Musa Rajek Shah, M.Hum mengapresiasi inisiatif komunitas SSCT dan HHG untuk melaksanakan donor darah di UTD PMI Kota Medan. Di mana sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No.83 Tahun 2014 tentang Unit Transfusi Darah, Bank Darah Rumah Sakit, dan Jejaring Pelayanan Transfusi Darah, bahwa UTD hanya diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau PMI. 

    "Kita juga terus melakukan pembenahan dan peningkatan teknologi yang digunakan dalam pengelolaan darah donor di laboratorium. Sehingga darah yang disalurkan ke masyarakat penerima benar-benar terjaga kualitasnya," jelasnya.

    Untuk itu, pria yang akrab disapa Ijeck juga mengimbau masyarakat yang ingin mendonor maupun membutuhkan darah bisa datang langsung ke UTD PMI Kota Medan Jalan Perintis Kemerdekaan No.37/Jalan HM Said, Kecamatan Medan Timur, atau di nomor 061-4576509, 061-6621918 dan Fax.061- 4576491. (red)

    Tags: