Markas PMI Kota Medan
Jl. Palang Merah No.17 Medan - 20151
Phone : +6261 4567638

    You are here

    Gandeng PMI Kota Medan, ITBC Kumpulkan 578 Kantong Darah

    Staf UTD PMI Kota Medan menyerahkan piagam penghargaan kepada Pimpinan Vihara Sakyamuni Buddha Cemara Asri, usai pelaksanaan donor darah bersama ITBC Cemara Asri, Minggu (16/10/2016).

    MEDAN - Sebagai umat manusia, kita perlu melakukan sesuatu hal yang bermanfaat bagi orang lain dan masyarakat luas. Hal itu disampaikan Pimpinan Vihara Sakyamuni Buddha Cemara Asri, Bikkhu Thanavaro Thera pada pelaksanaan donor darah bersama Indonesia Theravada Buddhist Centre (ITBC) Cemara Asri, Minggu (16/10/2016).

    "Kebutuhan akan darah ini sangat mendesak, sangat penting, apalagi permintaan di Sumatera Utara sangat tinggi. Jadi, Vihara Sakyamuni Buddha Cemara Asri ini rutin melaksanakan donor darah tiap tiga bulan sekali," ucap Bikkhu Thanavaro Thera didampingi Ketua Dayakasabha ITBC Cemara Asri, Djohan Ramli.

    Sementara itu, Koordinator Donor Darah ITBC Cemara Asri, Rudy Chandra menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan sesuai peraturan Permenkes No.91 Tahun 2015 Tentang UTD. Pada kegiatan kali ini, pihaknya berhasil mengumpulkan 578 kantong darah dari 703 pendonor yang terdaftar. Kantong Darah itu selanjutnya diserahkan kepada UTD PMI Kota Medan untuk disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

    "Kegiatan ini rutin kita gelar. Ke depan kita harapkan lebih banyak lagi pendonor yang datang, terutama sekitaran Cemara Asri ini," imbau Rudy Chandra.

    Pantauan di lokasi, para pendonor yang terdaftar akan menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Apabila kesehatannya mendukung, pendonor dapat melakukan transfusi darah di Aula Utama. Panitia juga menyiapkan hidangan dan suplement untuk para pendonor. (red)

    Tags: